Imam.Syaifullah

PENTING!!!! ATAS NAMA HUKUM POSTINGAN DIBAWAH HANYA UNTUK DIPELAJARI BUKAN UNTUK DISALAH GUNAKAN by : Imam syaifullah (C.T)
 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 Konsep dasar elektro dan robotika

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Imam Syaifullah
Admin
avatar

Posts : 109
Join date : 21.05.15
Age : 22

PostSubyek: Konsep dasar elektro dan robotika   Fri May 22, 2015 1:13 pm

Bab I : Konsep dasar elektronika dan robotika

Disini , saya mau sedikit berbagi dengan member-member setia HN-Community, sekaligus bisa dikatakan sebagai online device saya, sekiranya saya menilis di di forum ini Smile

Kali ini, saya mau berbelasungkawa, eh salah, tapi sharing, tentang "Konsep dasar elektro dan robotika". Apa sih itu elektro, apa sih itu robot ? Dan selamat datang di Universitas maya HN untuk belajar tentang elektro dan robotika.

LoveLove

Elektro
Code:
Didunia yang semakin canggih ini, siapa juga yang tidak dengan barang elektronik. Coba deh, sehari saja tidak memegang barang elektronik, hidup kita seperti hampa Very Happy Maka dari itu, perlunya kita mengenal apa itu elektro / elektronika, dan mulai mendalaminya dari, sekarang. Elektro / Elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya. Ilmu yang mempelajari alat-alat seperti ini merupakan cabang dari ilmu fisika, sementara bentuk desain dan pembuatan sirkuit elektroniknya adalah bagian dari teknik elektro, teknik komputer, dan ilmu / teknik elektronika dan instrumentasi.

Alat-alat yang menggunakan dasar kerja elektronika ini biasanya disebut sebagai peralatan elektronik (electronic devices). Contoh peralatan/ piranti elektronik ini: Tabung Sinar Katoda (Cathode Ray Tube, CRT), radio, TV, perekam kaset, perekam kaset video (VCR), perekam VCD, perekam DVD, kamera video, kamera digital, komputer pribadi desk-top, komputer Laptop, PDA (komputer saku), robot, smart card, dll.

Nah, untuk device yang disebutkan terakhir2 tadi, merupakan suatu terobosan baru di bidang elektronika karena terdiri dari device ato piranti2 yang udah cukup canggih. salah satunya yaitu mikroprosesor.

Sekiranya cukup pengertian dari elektronika. Dan dilanjutkan ke robotika.

Gambar : [rangkaian elektronika]
Spoiler Show

Robotika
Code:
Robot, ketika orang mengenak akan robot, past sudah terbayang sebuah mesin pintar yang telah terprogram sedimikian rupa dan bisa bergerak dengan adanya perintah baik itu sensor (cahaya, gelap, sentuhan,dll) atau dengan adanya program yang ada di dalamnya. Namun pada dasarnya Robotika adalah satu cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi darirobot. Robotika terkait dengan ilmu pengetahuan bidang elektronika, mesin, mekanika, dan perangkat lunak komputer
Pemikiran tentang pembuatan mesin yang dapat bekerja sendiri telah ada sejak Era Klasik, namun riset mengenai penggunaannya tidak berkembang secara berarti sampai abad ke-20 . Kini, banyak robot melakukan pekerjaan yang berbahaya bagi manusia seperti menjinakkan bom, menjelajahi kapal karam, dan pertambangan.

Trus, mungkin saja kalian berpikir, .. emm, buat apa sih saya mengetahui ini semua dan tujuannya juga buat apa ? Banyak tujuan dan manfaat yg bisa kita peroleh ketika kita belajar memahami konsep dasar elektronika dan robotika, karena penggunaan dan perkembangan teknologi tidak akan jauh-jauh dari dunia elektro, dan tentu saja listrik sebagai bahan bakarnya. Sekian terima kasih.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://cyberteam.onediscussion.net
 
Konsep dasar elektro dan robotika
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Imam.Syaifullah :: Robotika-
Navigasi: