Imam.Syaifullah

PENTING!!!! ATAS NAMA HUKUM POSTINGAN DIBAWAH HANYA UNTUK DIPELAJARI BUKAN UNTUK DISALAH GUNAKAN by : Imam syaifullah (C.T)
 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 SOLUSI MATHERBOARD MATI

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Imam Syaifullah
Admin
avatar

Posts : 109
Join date : 21.05.15
Age : 22

PostSubyek: SOLUSI MATHERBOARD MATI   Fri May 22, 2015 1:43 pm

SOLUSI MATHERBOARD MATI

kalo kita di hadapkan pada matherboard yg tiba-tiba gak mau nyala. meskipun udah kita cek dgn PS baru, RAM baru, bahkan processor baru tp tetep gak mau nyala. jangan dulu kita vonis bahwa MB nya mati. usaha dulu deh sebelum bener2 di vonis mati

pertama: kita angkat dulu MB dr cesing bersihin dr debu spy bisa di lihat jelas kondisi MB sebenanrnya.. bila perlu pke kompresor angin.
cek bios, jalur n jumper MB ada yg kena kotoran or ga (debu, dll) pastikan bersih semua.. jgn lupa ketika bersihin copot dulu peripheral sprti RAM, proc, n kabel2. setelah udah yakin bersih lalu coba tes di luar cesing.. terkadang udah nyala loh.. hal ini dikarenakan kadang bios, jalur or jumper tertutup debu n kotoran hingga gak bekerja secara normal.

kedua: kalo tetep gak nyala copot semua komponen yg nempel di MB trus cuci MB dengan tiner yg cpt kering (dlm hal ini aku pke merk cobra) dengan menggunakan kuas yg rambutnya agak keras n panjang.. cari aja di toko material banyak kok.. (klo gak ada numpang z di temen yg suka servis hp mereka biasanya pke tiner buat bersihin mesin hp) pastikan bener bersih2.di bagian bawah n atasnya MB juga..(hati2 segel kl msh garansi) keringkan dengan blower (pinjem punya temen yg tukang servis handphone lg)tp jangan terlalu dekat nanti komponen MB bisa terbakar.. agak jauh ja n mesti sabar biar bener2 kering.. nah udah itu coba deh test lg.. nyala ato gak.. oy jangan lp chip bios, proc, n ram di copot ketika bersihin dengan tiner.. biasanya pd tahap ini banyak yg berhasil loh..

ketiga: kalo tetep aja solder ulang semua patrian elco (kapasitor) di bagian regulator (biasanya sekitar procesor) hal ini untuk memastikan arus nyampe pd komponen tersebut.. coba test lg.. kalo gak nyala berarti yg kena chip bios or chipset.. coba panasin chip bios n chipset tersebut dgn blower tp jangan terlalu panas.. sedang2 aja.. katanya sih untuk merangsang chipset spy bisa bekerja lg.. hehehe.. kalo tetep gak nyala ya.. terpaksa ganti yg baru.. Capek
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://cyberteam.onediscussion.net
 
SOLUSI MATHERBOARD MATI
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Lost password / E-mail address

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Imam.Syaifullah :: Hardware-
Navigasi: